Kronologi Prabowo 'Kabur' ke Luar Negeri

Iklan 728x90

Kronologi Prabowo 'Kabur' ke Luar Negeri

Jakarta - Jelang pengumuman KPU hasil Pilpres tanggal 22 Mei 2019 berembus kabar bahwa Prabowo Subianto kabur ke luar negeri.

Merasa tak kabur, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga UnoDahnil Anzar Simanjuntak membantah kabar tersebut.

Lantas, bagaimana kronologi Prabowo dibilang kabur ke luar negeri?

Bermula dari pesan WhatsApp

Kabar kaburnya Prabowo ke luar negeri bermula dari sebuah foto yang beredar dari satu grup ke grup lain dalam aplikasi pesan instan WhatsApp. Dalam sebuah foto itu tampak Prabowo memakai setelan jas lengkap dengan peci hitam di kepalanya.

Prabowo dalam foto tersebut tidak sendiri, karena ada sejumlah petinggi lain yang tampak berjalan bersamanya, yaitu Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, Sekretaris Prabowo Rizky Irmansyah, dan Ustaz Ansufri Idrus Sambo.

Setelah beredar di Whatsapp, kemudian foto tersebar di media sosial Twitter maupun di media massa. Netizen pun turut melontarkan cuitan terkait foto maupun berita yang bersinggungan dengan kabar kaburnya Prabowo ke luar negeri.

"Prabowo sudah meninggalkan Indonesia untuk santai-santai ke luar negeri dan dari luar sana Si Wowo menonton dengan gembira perseteruan antar pendukungnya yang super bodoh super dungu dengan aparat negara yang dprediksi akan ikut juga terjun teroris yang kalau sempat ngebom bunuh diri di kerumunan massa nanti tanggal 22 Mei," tulis akun @stlaErsad pada 10:57 PM - 17 May 2019.

Prabowo Kabur ke luar negeri
Prabowo Kabur ke luar negeri cuitan netizen. (Foto: Screenshoot twitter @stlaErsad)

"Dipastikan @prabowo kabur ke luar negeri. Sementara proses penghitungan suara di @KPU_ID, dia malah kabur. Dasar pecundang dan pengkhianat! Jika terjadi rusuh pasca pengumuman KPU, maka Prabowo harus diburu dan ditangkap! @DivHumas_Polri @BIN_Official @PolhukamRI @KSPgoid," ujar akun Twitter @TSpartan99 pada 10:56 PM - 17 May 2019 menyematkan foto Prabowo.

Cuitan Netizen Prabowo Kabur1
Cuitan Netizen bahwa Prabowo Kabur. (Foto: Screenshoot twitter @TSpartan99)

"Jubir BPN bilang Prabowo ada di Hambalang, tidak kabur ke luar negeri. Sekarang imigrasi buka data, kalau Prabowo cs kabur ke luar negeri. Heran gue, masih aja bikin hoaks dan berbohong. Kenapa sih kubu 02 itu jadi tempat berkumpulnya segala sifat buruk?" tulis akun @masinusina pada 11:19 AM - 18 May 2019.

Prabowo Kabur ke luar negeri
Prabowo Kabur ke luar negeri cuitan netizen. (Foto: Secreenshoot twitter @masinusina)

Lalu, seword yang mengklaim portal opini online bukan media massa mainstream menuliskan opini dengan judul Prabowo Kabur: Kasus Hukumdan Potensi Kerusuhan.

"Foto yang beredar viral di grup-grup WA bukanlah foto lama. Foto tersebut cukup baru dan kini Prabowo berada di Brunei bersama Idrus Sambo, Amien Rais, Sugiono, Angga Raka, Rizky Irmansyah dan beberapa orang lainnya. Elite Gerindra dan ketua presidium 212," ungkap Alifurrahman yang menulis opini 19 jam yang lalu itu.

Prabowo Kabur
Prabowo Kabur ke luar negeri opini Seword. (Foto: Screenshoot website Seword)

"Foto yang beredar viral di grup-grup WA bukanlah foto lama. Foto tersebut cukup baru dan kini Prabowo berada di Brunei bersama Idrus Sambo, Amien Rais, Sugiono, Angga Raka, Rizky Irmansyah dan beberapa orang lainnya. Elite Gerindra dan ketua presidium 212," ungkap Alifurrahman yang menulis opini 19 jam yang lalu itu.

BPN Membantah dan Membenarkan

Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak mulanya membantah bahwa Prabowo bepergian ke luar negeri apalagi dibilang kabur ke Brunei Darusslam pada 17 Mei 2019. Menurut dia, meski memang benar Prabowo pergi ke luar negeri, tapi 17 Mei 2019, Prabowo beraktivitas di Hambalang dan Kertanegara. Jadi foto yang beredar diklaimnya sebagai foto lama.

"Siang tadi Pak @prabowo shalat jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama," ujarnya dalam Twitter @Dahnilanzar pada 12:24 AM - 18 May 2019.

Selang 12 jam pernyataan Dahnil berubah meski tetap membantah bahwa Prabowo kabur dan hanya bepergian ke luar negeri. Semula, ia mengatakan bahwa foto tersebut adalah foto lama Prabowo yang ke luar negeri. Namun kini, Dahnil mengatakan bahwa foto lama yang dimaksudnya adalah foto pada tanggal16 Mei 2019.

"Terkait dengan pertanyaan wartawan yang konfirmasi bahwa  tanggal 17/05/19 Pak @prabowo ke Brunai bahkan berkembang fitnah beliau ke LN kabur, saya menjawab bahwa tidak benar itu hoax, karena beliau pada tanggal 17 Mei beraktivitas di Hambalang dan Kertanegara, itu foto lama yakni 16/05/19," terang dia pada 2:22 PM - 18 May 2019.

Cuitan Dahnil
Cuitan Dahnil Prabowo Kabur. (Foto: Screenshoot Twitter @Dahnilanzar)

Jadi, menurut Dahnil sebenarnya Prabowo memang pergi ke Brunei Darussalam pada 16 Mei 2019. Hanya saja perjalanan dilakukan pulang pergi (PP) untuk bersilahturahmi dengan Sultan Brunei Darussalam.

"Pak @prabowo ke Brunei pada tanggal 16/05/19 hanya satu hari pulang pergi tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam," tulis Dahnil pada 2:29 PM - 18 May 2019.

Cuitan Dahnil 2
Cuitan Dahnil Prabowo Kabur. (Foto: Screenshoot Twitter @Dahnilanzar)

Tapi, ia membantah jika Prabowo disebut pergi ke luar negeri untuk kabur atau pun jalan-jalan. "Jadi, hoaksdan fitnah bila menyebut Pak Prabowo ke LN kabur atau jalan-jalan seperti yang dilakukan seword dkk," sambungnya.

Tagar

SHARE

Related Posts

Comments