LIVE REPORT PEMILU 2019:IKUTI REAL COUNT KPU HASIL PILPRES

5 Wisata Purbalingga yang Populer, Alamnya Indah Banget

Dagelan.org, Jakarta Purbalingga adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali potensi wisata. Bahkan wisata Purbalingga tidak akan sempat dikunjungi hanya dalam beberapa hari saja saking banyaknya.



Mulai dari wisata alam hingga wisata rekreasi bersama keluarga ada di Purbalinggga. Dengan lokasinya yang dekat dengan lereng gunung Slamet, tentunya membuat alam di Purbalingga menjadi sejuk dan asri.

Mulai dari curug atau air terjun, pegunungan dan pemandangan puncak, serta wahana air yang cocok untuk keluarga bisa kita nikmati sebagai wisata Purbalingga.

Inilah beberapa wisata Purbalingga yang harus kamu kunjungi dengan alamnya yang indah dan cocok untuk wisata bersama keluarga seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/4/2019).

Goa Lawa dan Curug Silintang

ilustrasi gambar curug silintang (Sumber: Merdeka)

1. Goa Lawa

Goa Lawa ini sering juga disebut dengan Golaga yang merupakan Akronim dari Goa Lawa Purbalingga. Golaga merupakan salah satu wisata Purbalingga yang paling sering dikunjungi.

Berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Purbalingga, wisata Purbalingga ini merupakan daerah di kaki Gunung Slamet. Dari Kota Purbalingga kamu dapat menempuhnya dengan 45 menit sampai 1 jam saja.

Fasilitas di Golaga ini sudah sangat lengkap, bahkan di dalam goa memiliki fasilitas kafe. Menikmati minuman hangat di dalam goa akan menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung Goa lawa ini.

Selain itu, warna-warni lampu dipadu dengan indahnya bebatuan goa yang alami menjadikan salah satu wisata purbalingga ini menjadi tempat dengan banyak spot instagramable.

2. Curug Silintang

Ada yang menyebut, wilayah Kabupaten Purbalingga merupakan surganya curug atau air terjun. Sebabnya, banyak curug yang indah sebagai destinasi wisata Purbalingga. Salah satunya Curug Silintang, yang tingginya mencapai 75 meter.

Curug Silintang ini berlokasi di Desa Tlahab yang berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Purbalingga. Untuk mencapai curug dapat dilakukan dengan memakai kendaraan pribadi, dan nantinya melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

Dari kejauhan kamu akan diperlihatkan betapa indahnya curug Silintang ini dengan alamnya yang sangat asri. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, melewati perkebunan dan bebatuan, kamu akan sampai ke salah satu wisata Purbalingga yang sangat indah ini.

Setelah sampai di curug Silintang ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan kesegaran air disana. Pemandangan yang dapat kamu nikmati disini tidak hanya indahnya air terjun, tetapi juga pemandangan jajaran pegunungan serta area persawahan yang membentang luas dari ketinggian. Bila beruntung, kamu juga akan mendapatkan pesona yang tak kalah menarik dengan adanya pelangi yang sering terjadi di antara celah bebatuan di air terjun ini.

Puncak Sendaren dan Curug Tempuran

Puncak Sendaren di Desa Wisata Panusupan, Purbalingga, Jawa Tengah. (diana_jcb/Instagram)

3. Puncak Sandaren

Alam Purbalingga memang terkenal dengan keindahannya. Setiap sudut wilayahnya memiliki tempat wisata alam yang sangat indah.

Mulai dari curug, pegunungan dan perbukitan, dan wisata alam lainnya menjadikan wisata Purbalingga memiliki begitu banyak pilihan.

Puncak Sendaren adalah salah satu wisata Prubalingga yang sedang banyak diminati. Puncak Sandaren ini menyajikan pemandangan yang begitu menakjubkan dari alam Purbalingga.

Dari sini, kamu dapat melihat alam Purbalingga dari atas dengan perbukitan hijaunya dan tiupan angina yang sepoi membuat suasana semakin menenangkan.  Jembatan atas awan Puncak Sandaren menjadi tempat wajib dimana kamu harus mengambil foto.

4. Curug Tempuran

Satu lagi wisata Purbalingga yang merupakan air terjun atau curug adalah Curug Tempuran. Air terjun ini tak kalah cantiknya dengan curug Silintang.

Selain keindahan air terjunnya, air di curug silintang ini juga snagat jernih, sehingga membuat kamu tidak akan tahan untuk segera menceburkan diri ke kolamnya.

Selain itu, disini kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti memancing. Kesegaran air terjun, pohon pohon yang rindang, dan aliran sungai yang tenang menambah indahnya curug tempuran ini.

Kutabawa Flower Garden dan Owabong

Owabong Waterpark (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

5. Kutabawa Flower Garden

Kamu yang menyukai bunga dan warna warni bunga tersebut dapat berkunjung ke salah satu wisata Purbalingga ini. Kutabawa Flower Garden menyediakan pemandangan taman bunga yang sangat luas dengan warna warninya.

Berbagai jenis bunga dengan berbagai warna warni pula menghiasi seluruh luasnya taman ini. Dengan lokasi yang sejuk dan menyegarkan, kamu dapat menikmati taman bunga ini sampai kamu puas berfoto maupun hany mengagumi keindahan bunga dan alam disana.

6. OWABONG

Wisata Purbalingga terakhir ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga. OWABONG atau Obyek Wisata Air Bojongsari merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Purbalingga.

Salah satu wisata Purbalingga ini terletak di Desa Bojongsari dengan mengandalkan aneka wahana air untuk berbagai kelompok usia, baik untuk anak maupun dewasa.

Taman wisata air di Bojongsari ini menawarkan wahana yang berbeda dari taman air di tempat lainnya, yaitu dengan ombak deras yang dioperasikan secara penuh dari pagi hingga sore. Bahkan ada yang mengatakan kalau karakter ombak di OWABONG ini berbeda dengan di tempat tempat lainnya.

Selain ombaknya, fasilitas fasilitas bermain lainnya juga membuat OWABONG sebagai wisata keluarga yang dapat membuat kegiatan liburan bersama keluarga akan bertambah menyenangkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video