10 Wisata Cianjur yang Hits untuk Liburan Paling Seru, Nikmati Panoramadari Ketinggian

Iklan 728x90

10 Wisata Cianjur yang Hits untuk Liburan Paling Seru, Nikmati Panoramadari Ketinggian

Dagelan.org, Jakarta Cianjur merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Cianjur dikenal sebagai daerah penghasil beras di Jawa Barat yang memiliki ciri khas aroma pandan yang wangi dengan kualitas bagus dan pulen.

Selain terkenal sebagai penghasil beras yang memiliki aroma pandan, Cianjur memiliki pesona alam yang menakjubkan dengan beragam objek wisata unggulan di dalamnya. Cianjur memiliki topografi pegunungan, jadi tidak heran kalau kawasan ini senantiasa diselimuti hawa yang sejuk. Sebagian besar wilayah Cianjur yang didominasi oleh pegunungan, menjadikan wilayah ini banyak memiliki wisata alam yang sangat mempesona untuk dijadikan tujuan berwisata.


Banyak wisatawan yang mendengar tempat wisata Cianjur maka yang terbayangkan adalah objek wisata di puncak. Memang, selain Bogor, daerah Cianjur juga masuk dalam kawasan puncak. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang tinggal atau sedang singgah di daerah Jawa Barat dan sekitarnya, sempatkan untuk mengunjungi keindahan alam Cianjur ini.

Buat Anda yang masih bingung ingin kemana saja saat di Cianjur, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/4/2019) rekomendasi tempat wisata Cianjuryang sayang banget buat dilewatkan. Pasalnya, Cianjur memiliki aneka tempat wisata yag sangat cocok untuk dinikmati bersama teman-teman maupun keluarga Anda.

Landscape Alam Cianjur yang Memesona dari Ketinggian


Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat (Liputan6.com/Balgorazky Marbun)

Kebun Raya Cibodas

Nah, ini merupakan tempat wisata Cianjur yang sangat terkenal, yaitu Kebun Raya Cibodas. Keindahan alam yang tersaji di tempat ini menjadikan setiap pengunjung betah untuk berlama-lama. Kebun Raya Cibodas ini terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Cimacam, Cianjur. Jaraknya kurang lebih 86 kilometer kalau ditempuh dari Jakarta. Hawa sejuk yang senantiasa menyelimuti kawasan ini dipengaruhi oleh letak Cibodas yang berada di ketinggian 1.500 mdpl.

Gunung Padang

Wisata perbukitan juga bisa Anda jadikan alternatif untuk menghabiskan waktu liburan di Cianjur. Gunung Padang ini terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur. Di sini Anda akan disajikan peninggalan sejarah purbakala berupa punden berundak yang memiliki luas bangunan mencapai 900 m2. Wisata Cianjur yang satu ini merupakan situs megalitik yang dipercaya masih menyimpan banyak benda-benda purbakala yang tertimbun di bawahnya.

Gunung Gede

Naik ke level yang lebih tinggi. Anda bisa menjadikan Gunung Gede sebagai tempat wisata di Cianjur yang perlu dikunjungi. Berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Gunung Gede sering kali menjadi destinasi wisata alam yang banyak diminati bagi pecinta alam. Gunung Gede ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 hingga 3.000 mdpl, dengan suhu rata-rata mencapai 18 derajat celsius saat di siang hari. Sedangkan di malam hari bisa mencapai 5 derajat celcius.

Perkebunan Teh Penyiaran

Perkebunan Teh Penyiaran bisa Anda jadikan tempat wisata di Cianjur. Tempat wisata keluarga ini terletak di Jalan Raya Campaka, Kecamatan Campaka dan Sukanagara, sekitar 35 km dari Kota Cianjur. Tempat wisata alam ini memiliki ketinggian rata-rata 800-1100 mdpl dan mempunyai luas sekitar 1000 hektar. Biasanya juga dijadikan tempat berfoto di Cianjur.

Indahnya Wisata Air di Cianjur

Curug Citambur, Cianjur, Jawa Barat. (kecebong.annyut/Instagram)

Curug Citambur

Wisata Cianjur pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah Curug Citambur. Tempat wisata Citambur yang satu ini menjadi salah satu yang populer dan sangat digemari oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Curug ini berada di daerah Desa Karang Jaya, Pagelaran, Cianjur. Air terjun ini memiliki tinggi mencapai 100 meter dan keindahan alam yang diberikan membuat wisata alam ini wajib masuk ke dalam daftar wisata saat ke Cianjur.

Telaga Biru

Wisata Cianjur lainnya yang harus Anda kunjungi adalah Telaga Biru. Tempat wisata ini juga sangat digemari oleh pengunjung yang mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede. Telaga Biru ini memiliki air yang berwarna kebiruan, karena tertutup oleh ganggang biru yang menjadikan alasan atas nama tempat wisata ini.

Sungai Cikundul

Kalau Anda ingin sedikit memacu adrenalin, Sungai Cikundul adalah pilihan yang tepat saat Anda berwisata ke Cianjur. Sungai dengan arus yang deras ini sangat cocok digunakan sebagai wahana arung jeram yang menengangkan. Tidak heran kalau Sungai Cikundul ini menjadi temoat wisata favorit di Cianjur yang banyak dikunjungi wisatawan.

Air Terjun di Cianjur yang Sayang Buat Dilewatkan


Air Terjun Cibeureum/ Sumber: www.wisatacibodas.com
Air Terjun Cibeureum

Tidak kalah indah dengan Curug Citambur, air terjun Cibeureum ini juga wajib Anda masukkan ke dalam daftar wisata Cianjur yang Anda kunjungi. Air terjun ini terletak di kawasan Cibodas, dengan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Saat Anda berkunjung ke sini, bersiaplah dengan pemandangan alam yang elok dan mengesankan.

Tirta Jangari

Tempat wisata Cianjur ini memang jauh dari pusat kota. Tepatnya, terletak di Desa Bobojong, Kecamatan Mande yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Cianjur. Tirta Jangari ini menawarkan keindahan panorama alam dan air waduk Cirata. Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, di sini Anda juga bisa menikmati aneka kuliner khas Cianjur seperti nasi liwet, sambal dadak dengan lalapan dan ikan bakar.

Danau Leuwi Soro

Selain beberapa wisata air di atas, Anda juga bisa mengunjungi Danau Leuwi Soro yang tidak kalah menyegarkan. Terletak di Kecamatan Pagelara, Cianjur, danau ini menghadirkan suasana yang sangat asri. Air danau di sini sangat jernih dan tenang, ditambah lagi dengan pepohonan yang membuat pemandangan danau menjadi sangat menarik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
SHARE

Related Posts