LIVE REPORT PEMILU 2019:IKUTI REAL COUNT KPU HASIL PILPRES

10 Wisata Wonogiri Paling Hits, Alamnya yang Indah Bikin Kangen

Jakarta Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Wonogiri merupakan kota yang terletak di antara Yogyakarta dan Jawa Timur. Letak geografis Wonogiri ini mirip dengan daerah Gunung Kidul yang ada di Yogyakarta. Jadi bisa dikatakan kalau daerah ini kaya dengan pegunungan karst.

Tidak heran, kalau Wonogiri mempunyai keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya yang sudah populer. Siapa sangka, kota yang dijuluki dengan kota Gaplek ini ternyata memiliki banyak spot wisata alam dengan keindahannya yang luar biasa.

Namun memang, berbicara mengenai tempat wisata, Wonogiri masih belum banyak dikenal oleh wisatawan. Maka dari itu kawasan wisatanya masih sepi pengunjung.

Walaupun masih sepi pengunjung, ternyata tempat wisata Wonogiri tidak kalah dengan kota tujuan wisata lainnya seperti Yogyakarta, Wonosobo, dan lain sebagainya. Wonogiri punya tempat wisata unggulan, yaitu Waduk Gajah Mungkur.

Tapi ternyata, tempat wisata di Wonogiri bukan itu saja. Di Wonogiri banyak menyimpan potensi wisata yang perlu dijelajahi. Nah, buat Anda yang saat ini berada di sekitar Wonogiri, bisa banget mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sini. Biar enggak bingung, berikut dilansir dari Liputan6.com, Senin (8/4/2019) berikan rekomendasi tempa wisata Wonogiri yang wajib dikunjungi.

Waduk, pantai hingga air terjun yang indah

Pantai Nampu Wisata Wonogiri (Sumber: visitjawatengah.jatengprov)
Waduk Gajah Mungkur

Tempat ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Wonogiri. Saat Anda mulai masuk ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur ini, Anda akan melihat patung Bedol Desa yang terletak di depan pintu masuk menuju area rekreasi danau.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur dengan berkeliling menggunakan kapal boat yang disewakan oleh pihak pengelola. Selain itu, di sini juga bisa memancing dan melakukan aktivitas lainnya.

Pantai Nampu

Wisata Wonogiri selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Nampu. Pantai ini menawarkan sejuta pesona keindahan alam dengan hamparan pantai berpasir putih dan batu karang cantik yang masih terjaga kealamiannya. Deburan ombak di sini beradu dengan bebatuan karang yang menjadi salah satu pesona keindahan yang dimiliki pantai ini.

Pantai ini memiliki sekitar 3 titik pantai yang dipisahkan dengan sebuah gundukan daratan. Untuk mencapai ke pantai ini, Anda membutuhkan jarak tempuh sekitar 70 kilometer dari kota Wonogiri.

Pantai Banyutowo

Tidak kalah indahnya dengan Pantai Nampu, Pantai Banyuwoto ini juga memiliki keunikannya sendiri, yaitu airnya tidak asin. Soalnya, Pantai Banyuwoto ini merupakan muara atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan air laut. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

Selain itu, pemandangan pantainya juga sangat mempesona. Anda dapat melihat langsung air tawar yang terjatuh dari bebatuan karang tepat di bibir pantai. Jika dilihat dari kejauhan, airnya nampak bening. Tidak berhentinya dibuat untuk berdecak kagum. Kecantikan pantai ini dipoles juga dengan hamparan karst yang terbentang di sepanjang pantai. Hal ini membuat Pantai Banyutowo menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Wonogiri.


Pantai Sembukan

Masih berasal dari pantai, yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini sangat banyak menyimpan keindahan pesona alam dan mitos yang tersembunyi rapat, yang terletak di balik bebatuan karang-karangnya yang besar. Ya, tempat wisata Wonogiri yang satu ini memang sudah dikenal oleh kalangan para aktivis spiritual.

Namun dengan begitu, tidak perlu takut, Anda tetap bisa mengunjungi pantai ini dengan aman. Pantai ini terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, tepatnya berada di ujung selatan Wonogiri atau sekitar 40 kilometer dari pusat kota.

Air Terjun Girimanik

Kalau Anda ingin mencari ketenangan, bisa bergeser sedikit ke wisata airnya seperti sungai. Ya, di Wonogiri juga memiliki sungai yang tidak kalah indahnya dengan panorama di pantai. Salah satu sungai yang sangat indah adalah air terjun Girimanik. Pantai ini memiliki tiga buah air terjun, yaitu air terjun Manikmoyo, Tejomoyo, dan Condromoyo.

Ketiga air terjun ini berada tepat di sisi selatan Gunung Lawu, tepatnya di kawasan wisata Girimanik, Setren. Anda bisa menempuhnya dari pusat kota Wonogiri dengan mengambil ke arah timur menuju kabupaten Ponorogo, yang berjarak sekitar 35 kilometer.

Telaga Claket Wonogiri

Wisata Wonogiri dengan keindahan alam lainnya adalah Telaga Claket. Tempat ini dikelilingi oleh bukit-bukit. Telaga Claket ini masih sangat natural dan alami menyatu dengan alam. Anda bisa menikmati indahnya telaga ini dengan duduk di area gazebo.
Bukit Cumbri (Sumber: visitjawatengah.jatengprov)
Bukit Cumbri

Bergeser ke arah perbukitan. Di Wonogiri Anda juga bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian, loh. Salah satunya adalah bukit Cumbri yang letaknya di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Terdapat sebuah batu di tebing bukit yang menjadi ciri khas dari bukit Cumbri ini.

Di sini Anda dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Apalagi kalau Anda datang di waktu yang tepat, makin menambah keindahan alam Wonogiri yang dilihat dari ketinggian ini. Tak heran, kalau bukit ini menjadi destinasi populer di Wonogiri.

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Wonogiri juga memiliki tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole, loh. Tempat ini terletak di bukit Desa Sendang. Arena papan luncur ini juga sudah biasa digunakan oleh atlet gantole serta paralayang. Terdapat dua tingkat ketinggian pada bukit ini, yaitu ketinggian 200 meter dan 400 meter. Kalau Anda ingin mencoba olahraga gantole ini, langsung saja datang ke Wonogiri ini.


Alas Kethu

Wisata Wonogiri lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Alas Kethu. Tempat wisata ini berupa hutan jati yang rindang, kayu putih, dan mahoni sehingga menjadi paru-paru kota di Wonogiri. Tempat wisata ini terletak di jantung kota Wonogiri. Jadi sangat mudah untuk dijangkau. Biasanya, tempat ini sering dijadikan lokasi syuting. Buat Anda yang ingin mencari suasana liburan yang menenangkan, bisa menjadikan Alas Kethu sebagai pilihannya.

Cagar Alam Danalaya

Tempat wisata Wonogiri ini mirp dengan Alas Kethu. Objek wosata berupa pohon-pohon jati yang besar. Untuk berlibur ke sini, Anda bisa menikmatinya dengan hammock. Selain itu, di sini Anda juga bisa belajar pembibitan. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun Girimanik, sehingga tidak begitu sulit untuk mencarinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video